ScoliBalance

Pelatihan khusus skoliosis yang mengikuti prinsip-prinsip pedoman SOSORT Internasional

ScoliBalance dikembangkan oleh tim holistik yang berpengalaman: Dr. Jeb McAviney (Chiropractor), Rosemary Marchese (Fisioterapis), Rebecca Phillips (Ahli Fisiologi Latihan) dan Johanna Mee (Ahli Fisiologi Latihan). Semua memiliki wawasan dan pengalaman klinis yang luas dalam rehabilitasi latihan khusus skoliosis serta perawatan menggunakan terapi berbasis latihan tertentu.

ScoliBalance adalah program pelatihan khusus skoliosis yang mengikuti prinsip-prinsip pedoman SOSORT Internasional. Dalam program ini, staff kami yang berdedikasi mengajarkan koreksi postur 3D spesifik skoliosis (Koreksi Skoliosis) sehingga pasien belajar bagaimana memperbaiki postur mereka. Dari sana mereka diajarkan sebuah latihan (Scoli Exercises) dimana mereka mengadakan Scoli Correction sambil melakukan latihan yang ditentukan khusus untuk mereka. Program-program ini sering menggabungkan penggunaan ScoliRoll (untuk skoliosis) atau Denneroll (untuk hyperkyphosis) untuk memperbaiki koreksi tulang belakang dan postur.

Program ini menggabungkan rekomendasi dari pedoman internasional SOSORT:

  • Pasien diberikan program latihan khusus skoliosis berdasarkan jenis kurva dan karakteristik postural berdasarkan kelemahan fungsional yang relevan. Pasien mempelajari program di klinik dan kemudian berlatih di rumah.
  • Alat bantu perangkat lainnya dimasukkan ke dalam perawatan termasuk perangkat ScoliRoll (untuk skoliosis) atau Denneroll (untuk hiperkyphosis). Penggunaan perangkat tersebut ditunjukkan kepada pasien, jika dianjurkan.
  • Sebagai bagian dari program ScoliBalance, setiap pasien juga diberikan pemahaman individu tentang kurva dan kondisi mereka.

ScoliBalance dapat menjadi bagian pendekatan yang sempurna dalam merawat seseorang yang memiliki skoliosis dan kifosis, sebagai berikut:

  • Memperlambat atau menghentikan perkembangan kurva
  • Membantu pengurangan kurva skoliosis yang fleksibel
  • Meningkatkan keseimbangan koronal dan sagital
  • Melengkapi, membantu serta mempertahankan koreksi pada saat pakai ScoliBrace
  • Meningkatkan keseimbangan otot dan fleksibilitas tulang belakang
  • Memperbaiki postur dan penampilan tubuh
  • Mengurangi rasa sakit
  • Meningkatkan keseimbangan pada saat berdiri dan mengurangi risiko jatuh pada lansia

Scolibalance dapat disesuaikan untuk berbagai macam kurva diantaranya yaitu:

  1. Untuk kurva kecil
    Dalam kasus kurva idiopatik remaja yang memiliki kurva kurang dari 20 derajat, ScoliBalance dapat membantu menghentikan perkembangan kurva dan memperbaiki postur tubuh.
  2. Untuk kurva non-progresif
    ScoliBalance juga dapat digunakan tanpa bracing ketika kurva tidak progresif, misalnya pada kasus remaja atau dewasa muda, dimana fokusnya adalah untuk membantu memperbaiki postur tubuh, mengelola rasa sakit dan menstabilkan tulang belakang.
  3. Kombinasi dengan ScoliBrace
    Kasus dimana pasien butuh menggunakan ScoliBrace untuk skoliosis atau kifosis. ScoliBalance bisa membantu menguatkan otot yang menopang tulang belakang dan menjaga fleksibilitas tulang belakang selama perawatan brace untuk membantu mempertahankan koreksi yang dicapai dengan ScoliBrace.
  4. Kombinasi degeneratif
    Dalam perawatan untuk orang dewasa, terutama pada skoliosis degeneratif, ScoliBalance juga dapat memainkan peran dalam membantu menghilangkan rasa sakit, fungsi dan mobilitas.

Scolibalance harus tetap sering dilakukan, karenanya setiap pasien diberikan program latihan di rumah secara individual sehingga mereka dapat berlatih di rumah. Kami merekomendasikan latihan setiap hari selama 20 menit. Selain itu pasien sering diminta untuk menggunakan ScoliRoll atau Denneroll hingga 20-25 menit per hari (tergantung pada rekomendasi masing-masing individu).

Program ScoliBalance sering digunakan oleh pasien yang memakai brace. Setelah kurva pada seorang remaja melampaui ukuran tertentu (biasanya 20-25 derajat) maka program ScoliBalance umumnya dikombinasikan dengan bracing. ScoliCorrection harus dilakukan tanpa brace sehingga pasien dapat mencapai koreksi terbaik. Namun, terkadang pasien juga akan diberi rekomendasi beberapa latihan kekuatan umum untuk dilakukan dengan menggunakan brace.

Orang dewasa juga dapat diajarkan program ScoliBalance namun program tersebut akan dimodifikasi sesuai dengan tanda dan gejala pasien.

Dalam hal ini program Scolibalance dimodifikasi untuk memperhitungkan perubahan yang menciptakan peningkatan postur kyphotic pada pasien. Dalam beberapa kasus, pasien yang mungkin mengalami hiperkifosis dan skoliosis, program Scolibalance juga dapat disesuaikan pada pasien dengan kondisi tersebut.

Ingin Berkonsultasi atau Informasi Lebih?
Hubungi Kami Hari Ini Juga.

Kontak Kami
Klinik Scoliosis Care

SCOLIOSIS CARE

One Wolter Place,
2nd Floor,
Jl. Wolter Mongisidi
no. 63B
Kebayoran Baru, Jakarta 12180

Senin Libur

Selasa - Jumat 08.00 - 21.00

Phone/Whatsapp +62 21 72801062
+62 811 9998565

Sabtu - Minggu 08.00 - 17.00

Hari Raya / Libur By appointment

SENOPATI THERAPY CENTER

CNI CREATIVE CENTER (C3) BUILDING,
1st Floor,
Jln. Puri Indah
Blok O2 No. 1-3
Puri Indah, CBD
Jakarta Barat, 11610

Senin Libur

Selasa - Jumat 09.00 - 20.00

Phone/Whatsapp +62 21 5835 0504
+62 81210023838

Sabtu - Minggu 09.00 - 20.00

Hari Raya / Libur By appointment